LUCUNYA BIROKRASI DI NEGERI INI


Jadi cerita ini berawal dari informasi yang gu dapet dari ibu ibu posyandu yang katanya pembuatan akte lagi gratis, ( Bukannya emang gratis ya #rutukdalamhati). Nah karna dari pengalaman ade gua yang bikin akte bayar 500 ribu (dicaloin ama bidan) gua sumringah juga dapet kabar ini. Akhirnya dengan tekad baja gua menyatakan akan bikin akte kelahiran. Setelah cari informasi ke kelurahan C*k*ng T*m*r akhirnya gua di kasih tau syarat syaratnya.
1.       Surat Nikah orang tua ( kalo yang ga punya surat nikah bisa di ganti sama pernyataan di atas matrai 6000, nama orang tua di KTP dan surat nikah harus sama ya, kalo g sama lagi2 bakal pake surat pernyatataan)
2.       Surat pengantar RT sampe kelurahan ( di kelurahan bisa 1 minggu niy jadinya pengantar)
3.       Surat keterangan lahir dari bidan/atau RS tempat kita lahir, nah kalo kita lahir di dukun gimana tuh? Ato surat lahir kita udah ilang ke negeri antah berantah, gimana coba? Tenang nanti pihak kelurahan juga bakal ngasih surat pernyataan yang di tanda tangan juga di atas matrai.
4.       Kartu keluarga
5.       Foto copy KTP orang tua
6.       Foto copy KTP dua orang saksi, saksi nya harus lebih tua dari lu ya, jangan ampe di ketawain ama pihak kelurahan gara-gara hal yang ini.
7.       Ijazah terakhir ( buat yang belom punya akte tapi udah tua heheh)

Syarat udah lengkap nanti di serahin ke pihak kelurahan buat di bikinin surat pengantar pembuatan akta lahir yang selanjutnya di serahin ke kecamatan. Kalo pengantarnya udah jadi jangan lupa di tanda tangan  sama saksi nya juga, jangan langsung di bawa ke kecamatan di jamin bakal di suruh pulang.

Nah, semua di rasa udah cukup sampe lah gua di kecamatan C*ak*ng, dengan PD gua nunggu dan yakin kalo berkas gua gabakal di tolak, karna selama nunggu banyak juga berkas yang di tolak. Tibalah saatnya gua di panggil ama staff kelurahan buat diperiksa berkasnya, alangkah kagetnya gua karna berkas gua di tolak mentah mentah karna katanya surat pernyataan lahir gua salah, jadi menurut info dari kelurahan nama dari surat pernyataan itu harusnya nama bokap gua tapi gua di suruh isi pake nama gua karna katanya gua udah punya KTP, ternyata oh ternyata di kecamatan ada format surat pernyataan yang jauuuuuuuuhh beda ama yang di kelurahan, gua sempet protes ama mas masnya kenapa bisa info  2 instansi ini bisa beda, dan mas mas nya gugup ngasal jawab, intinya gua di suruh bikin surat pernyataan baru.

Akhirnya dengan berat hati gua bikin lagi surat pernyataan baru, dan besoknya gua balik lagi. Gua kira semuanya udah beres ga tau nya mas-mas nya sedeng, karna nama bokap gua beda namanya antara surat nikah ama KTP (maklum zaman dulu) gua harus bikin lagi surat pernyataan yang di tanda tangan bokap gua, ( kenapa ga kemaren sekalian si maaaaaaaaaassss, Kayanya minta di tabok masnya).

Dengan kaki yang gontai dan perut yang lapar karna ngantrinya lama, gua coba merenungi nasib gua di parkiran di bawah pohon, bengong. Sambil dalam hati gua merutuki nasib, kenapa susah amat ngurus beginian di negeri kita. Tapi gua pantang menyerah akhirnya dengan numpang mas-mas g*jek gua pulang dengan duit sisa 10 ribu.
Nyampe di rumah gua jelasin lah begini begitu ama bokap, bukannya langsung tanda tangan gua malah di suruh bikin lewat calo aja karna sebelumnya ade gua bikin akte lewat calo kaya rusuh kaya gini, lancar jaya cuuuuyyy. Ya iyalah pake duit.
Setelah hampir 1 jam berdebat akhirnya gua bisa meluluhkan hati bokap gua buat TTD suratnya.

Besoknya gua balik lagi ke kecamatan dan kabar gembira saudara-saudara berkas2 gua lengkap dan bisa di terima dan langsung di kasih resi buat pengambilan akte nyaa bulan depan.

Tapi beberapa hari sebelum hari yang di nantikan untuk pengambilan akte, pada suatu pagi yang sejuk karna hujan ada sebuah SMS yang masuk ke HP gua, begini katanya :
“Akta a/n ******* di tolak karna ada perbedaan nama ayah antara KTP dan surat nikah. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan datang e DUKCAPIL  kec. C*k*ng setiap hari dan jam kerja”
Bagaikan di sambar petir di siang hari gua syok. Sambil dalam hati nahan marah, akhirnya gua bales sms dengan geram karna gua merasa berkas gua sudah di ACC , kenapa kalo berkas gua ga lengkap dan slah tapi di ACC? Ini yang tidur gua apa pihak kecamatannya?
Sepanjang hari gua menelaah kejadian yang menimpa gua atau mungkin teman-teman yang lain di luar sana, sampailah gua pada 1 kesimpulan asal-asalan bahwa uang di indonesia berperan sebagai “lubricant” segala keperluan birokrasi. Dengan mengucap istighfar akhirnya gua memutuskan untuk kembali bertemu mas-mas alay staff kecamatan itu buat minta pertanggung jawaban.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita adalah ujian dan hikmah untuk orang lain

Untukmu yang selalu ku sebut dalam doa

TUHAN AKU SUDAH GILA